Pages

Prak. 4 - Memperhalus Walk Cycle dengan Konsep Arc

Posted on Senin, 16 November 2015 by Naning Dwiyanti

1.  Tujuan
     Membuat animasi pertama menggunakan adobe flash professional

2.  Alat
     Adobe Flash CS 6

3.  Dasar Teori
     Ada beberapa dasar teori yang bisa digunakan sebagai petunjuk (guidance) dalam pembuatan stickman berjalan, antara lain :
 1. Pose
Berikut adalah pose-­pose yang perlu ada dalam sebuah walk. Seringkali disebut dengan walk cycle. Dinamakan cycle karena pose ini dipilih sedemikian rupa sehingga pose terakhir identik dengan pose awal sehingga bisa disusun menjadi sebuah siklus tanpa henti.

     Perhatikan bahwa ada 4 pose yang diperlukan, yaitu contact, down, passing, dan up.
Untuk mempermudah proses belajar, ada baiknya jika fokus pada pergerakan kaki dahulu. kemudian baru dilanjut bagian tubuh yang lain pada kesempatan berikutnya.
2. Timing
Timing yang dimaksud adalah jumlah frame yang diperlukan untuk menghasilkan animasi yang diinginkan. Timing juga berhubungan dengan durasi animasi yang diinginkan, apakah cepat atau lambat. Yang perlu diingat, untuk memperlambat animasi, tidak dilakukan dengan cara mengubah setting FPS, akan tetapi dengan cara mengubah jumlah frame yang dibuat. Dalam animasi baik 2D dan 3D, standar FPS adalah 24.
Untuk walk cycle, ada beberapa timing yang bisa digunakan tergantung jenis walk yang diinginkan
            Normal walk: 12 frame (0.5 detik)
            Cartoon walk: 8 frame
Timing yang relatif mudah untuk keperluan belajar adalah 8 frame. Dengan spesifikasi berikut,
            Pose contact –> frame 1
            Pose down –> frame 3
            Pose passing –> frame 5 pose up –> frame 7 pose contact –> frame 9
3. Inbetween
 4 pose hanya bisa untuk 4 keyframe. Sedangkan untuk walk cycle dengan timing cartoon, perlu 8 frame. Sehingga perlu 4 tambahan frame atau 1 tambahan perantara frame yang biasa disebut dengan inbetween. Proses pembuatan inbetween sangat sederhana.
 Cukup aktifkan onion sehingga bisa tampak keyframe frame sebelumnya dan frame setelahnya. Sebagai contoh, berikut adalah kondisi frame 2 saat masih baru ditambahkan empty keyframe dengan mode onion skin aktif. Tambahkan gambar yang mewakili pertengahan dari kedua frame tersebut.

4.  Tugas Praktikum
     Buatlah sebuah stickman. Bisa menggunakan line tool dengan ketebalan stroke 8. Animasikan stickman tersebut sehingga terlihat berjalan.
5.  Hasil Praktikum


5.  Kesimpulan
     Membuat animasi berjalan menggunakan objek Sticky Man adalah cara mudah bagi para pemula yang ingin belajar animasi. Setelah menerapkan konsep Walk Cycle, untuk memperhalusnya digunakan konsep Arc.

6.  Referensi

0 Responses to "Prak. 4 - Memperhalus Walk Cycle dengan Konsep Arc ":