1. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.
2. Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler
3. Bahan
hasil praktikum sebelumnya
4. Dasar Teori
Perbedaan antara motion guide pada flash dengan camera path
Motion guide adalah salah satu fasilitas dari flash yang digunakan untuk membuat animasi motion tween bergerak sesuai jalur (guide) yang telah kita buat.Hasil animasi motion guide ini selain halus (karena motion tween) juga lebih teratur karena animasi bergerak sesuai jalur yang kita buat.Contoh penggunaannya:
Sedangakan Camera Path meruapakan suatu penjaluran camera jadi kamera akan bergerak sesuai dengan jalur yang kita buat yang digunakan pada Cinema 4D.Contoh penggunaanya :
Perbedaan antara Physical Sky dan Area Light
Physical Sky pada cinema 4D berfungsi untuk mengatur keakuratan pada scene pencahayaan. Sangat simpel hanya dengan mengatur pengaturan tinggi dan letak sudut yang bisa menampilkan keakurasian pencahayan yang diinginkan.
area light adalah teknik pemeberian cahaya pada objek yangs edang dikerjakan seuai dengan area yang dipilih.
Material
Material adalah proses pemberian warna pada cinema 4D , kita dapat menentukan material apa yang akan diaplikasikan dengan warna yang kita pilih
Material adalah proses pemberian warna pada cinema 4D , kita dapat menentukan material apa yang akan diaplikasikan dengan warna yang kita pilih
5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan:
- Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
- Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light
6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
- Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi disebut dengan spline.
- Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky
- Menambahkan Lighting menggunakan Area Light
- Menambahkan Material
- 7. Hasil Praktikum
Tampilkan screen record dari praktikum ini
8. Kesimpulan
Dalam praktikum kali ini saya menemui kesulitan saat melakukan pergerakan camera menggunakan camera path. Saya menemui kesulitan tentang posisi kamera ,bukanya kamera bergerak sejajar tapi kamera saya bergerak dari atas ke bawah mengakibatkan gambar kadang tidak terlihat. Kesalahan ini terjadi ketika saya memindah sumbu x, y atau z ,jadi berhati hatilah ketika kita memindahkan sumbu harus sesuai.
0 Responses to "Prak 02 – Camera Path, Lighting, and Material":
Posting Komentar