Pages

Prak 09 – Membuat Aset Sekunder (Capsule)

Posted on Selasa, 03 Mei 2016 by Naning Dwiyanti





1. Tujuan

Praktikum ini bertujuan untuk mengenal teknik 3D modeling yaitu Polygon Modeling.

2. Alat

Cinema 4D R16

3. Bahan

tanpa bahan

4. Dasar Teori

Pada praktikum kali ini saya membuat aset sekunder yang akan digunakan untuk membuat sebuah capsule. Disini kita menggunakan suatu modeling yaitu Poligon Modeling.Polygon Modeling adalah suatu modeling yang terdiri dari vertices(vertex/titik), yang jika disambungkan akan membentuk sebuah edge(garis), sehingga jika disambungkan dengan edge lain dapat membentuk sebuah face (bidang). Bidang yang dibentuk oleh vertex,edges maupun face ini salah satunya adalah primitive objek yang juga termasuk dalam teknik pemodelan.

Saat menegerjakan kita juga perlu menambahakan subdivision surface. Subdivision Surface adalah suatu teknik yang pertama dikenalkan oleh Ed Catmull dan Clark dari Pixar pada tahun 1978. Awalnya teknik ini hanya digunakan untuk merepresentasikan bidang yang halus, namun belakangan dimanfaatkan bersamaan dengan teknik yang bernama sculpting (pahat), sehingga memungkinkan seseorang memahat objek 3D dalam bentuk digital. Jadi subdivision surface ini membuat objek yang kita buat tidak tampak kaku.

Pada praktikum selanjutnya saya juga akan mengenal apa itu cloner dan fungsinya. Cloner biasanya disebut juga duplikat atau kembaran atau dapat dikatakan kita menggandakan objek yang kita buat. Jadi fungsi cloner sendiri adalah untuk mengcopy atau menggadakan objek utama yang akan kita gandakan.Kita tidak perlu menggambar lagi objek yang sudah kita buat jadi kita tinggal mengclonernya maka akan menjadi objek yang sangat banyak dan kita dapat menghemat waktu atau tidak membutuhkan waktu yang lama


Kita juga akan mengunakan spline wrap. Spline Wrap adalah suatu menu pada cinema 4D yang membuat suatu lengkungan sehingga objek yang kita buat akan tertata mengikuti lengkungan yang sudah kita buat

Tidak hanya itu saja pada praktikum selanjutnya kita juga akan menggunakan cloner untuk cloner. Jadi cara menggunakan cloner untuk cloner yaitu kita harus mengaktifkan render istance jadi kita dapat mengkloner objek yang sudah kita kloner. Pertama-tama kita buat objek utama lalu objek utam kita cloner . Setelah objek utama kita cloner lalu kloner objek itu lagi dan agar hasil cloner yang kita buat kita harus mengaktifkan render instances pada cloner yang kedua

5. Tugas Praktikum

Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan

6. Petunjuk Praktikum
Target Aset yang akan dibuat




Membuat bentuk polygon dasar




Memperhalus bentuk menggunakan subdivision surface



7. Hasil Praktikum

Membuat bentuk polygon dasar






Memperhalus bentuk menggunakan subdivision surface



8. Kesimpulan

Pada praktikum kali ini saya mengalami kesulitan saat saya menseting smooth shiftnya tidak mengalami perubahan. Jadi ketika saya menambahkan maksimum anglenya bagian capsulnya tidak mengalami perubahan . Setelah melakukan beberapa kali percobaan akhirnya saya mengetahui kesalahanya yaitu setelah mengubah saya tidak menekan enter jadi setelah kita merubah harus langsung kita enter. Tapi dari kesuluruhan praktikum banyak ilmu yang saya dapat khususnya saya dapat mengetahui banyak shortcut pada keyboard saat menggunakan cinema 4d contohnya untuk menampilkan smooth shift yaitu tekan tombo m lalu t.

9. Referensi

Lynda.com – Motion Graphics Techniques: Creating a Sports Bumper
Moh Hasbi Assidqi : Prak 09 – Membuat Aset Sekunder (Capsule)
Nesa Sabila : 3D Modeling

0 Responses to "Prak 09 – Membuat Aset Sekunder (Capsule)":